Warga Salingka Gunung Talang Tolak Latihan Militer

warga Salingka Gunung Talang Tolak kehadiran TNI untuk Latihan Militer

SUMBARTIME.COM-Sejak tanggal 24 April 2018 kemaren warga Salingka gunung Talang, Kabupaten Solok diresahkan dengan kehadiran TNI yakni dari Batalyon 133/YS Padang yang direncanakan akan melakukan latihan militer di kawasan eksplotasi Geothermal.

Latihan militer itu sebagaimana yang di dasari Surat Perintah Nomor : Sprin/122/IV/2018 dan ditandatangani oleh Komandan Batalyon Infantri 133/YS, Endik Hendra Sandi.

Iklan
Loading...

Rencana latihan militer tersebut dibenarkan oleh Komandan Korem 032 Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus. Menurutnya kepada awak media, latihan tersebut berdasarkan hasil rapat dengan pimpinan Pemrov Sumbar dan Kabupaten Solok di Kantor Gubernur, Selasa (24/04) kemarin, tuturnya, Jumat (27/04).

Sementara itu, warga kawasan Gunung Talang, merasa keberatan dengan kehadiran pihak TNI berada di kawasan mereka. Melalui sambungan Telepon mereka melaporkan kehadiran TNI ke pihak Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang.

Hal itu dibenarkan oleh Direktur LBH Padang Wendra Rona Putra. Menurutnya rencana latihan militer oleh TNI tersebut mendapatkan penolakan dari warga Salingka Gunung Talang. Alasannya, warga sekitar dalam beberapa bulan terakhir sedang menghadapi konflik dengan PT. Hitay Daya Energi.

Dan jika latihan militer ini tetap dilaksanakan, maka dampak traumatik serta pysikologi warga akan terganggu, paparnya.

Saat ini belum ada dilakukan penanganan secara itensif terhadap pemulihan psikologis masyarakat pasca kekerasan, dan jika latihan militer itu tetap dipaksakan akan menimbulkan ekses lain terhadap masyarakat, tambah Wendra Rona Putra. (tim)

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here