Wako H. Erman Safar, SH : 2023 Usahakan Imam Masjid Dari Putra Asli Daerah

Wako H. Erman Safar, SH : 2023 Usahakan Imam Masjid Dari Putra Asli Daerah

SUMBARTIME.COM,-Bukittinggi. Sabtu,23/4/2022. Pengurus dan Remaja Masjid Syukra, Ipuah Mandiangin, gelar musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ramadhan. Musabaqah yang diikuti 28 peserta dan dibuka langsung oleh Wali Kota Bukittinggi bersama Ketua DPRD kota itu.

Iklan

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi pelaksanaan MTQ ini, karena dapat lebih menggemakan cinta terhadap Al Quran di tengah maayarakat, khususnya para generasi muda. Selain itu MTQ ini dapat menjadi salah satu langkah untuk mencari bibit potensial qori dan qoriah terbaik, yang bisa menjadi kafilah Kota Bukittinggi.

“Kafilah yang akan bertarung untuk mewakili Kota Bukittinggi ke Sumbar nanti, seluruhnya harus Putra dan Putri Asli Daerah (PAD). Tidak ada kafilah rental. Banyak potensi yang harus kita maksimalkan”. Harapan Erman.

Wako juga berharap, kedepan, dengan banyaknya MTQ yang digelar, juga dapat sekaligus mencari tokoh muda, yang bisa menjadi imam masjid di daerah itu sendiri. Sehingga ditargetkan 2023 mendatang, setiap masjid memiliki imam yang berasal dari generasi muda.

“Tahun 2023, kita usahakan, imam yang muda dan putra daerah di kelurahan itu. Seperti di Masjid Jami’ Tigo Baleh yang memang masih muda dan berasal dari Tigo Baleh. Mungkin beberapa masjid lain, sudah ada juga seperi itu. Ini yang akan kita upayakan nantinya,” harapnya, diamini Ketua DPRD Beny Yusrial.

“Selain itu, Wako juga berpesan pada Baznas kota Bukittinggi, untuk ikut berperan aktif mensukseskan MTQ tingkat Kota Bukittinggi yang tidak lama lagi akan kita gelar, sekarang masih dalam proses pencarian bibit terbaik di tingkat kecamatan”.Kata Erman.

Menanggapi hal itu, Kepala Pelaksana Baznas kota Bukittinggi, Defri, menjelaskan, harapan Wako tentu bisa saja diakomodir, Karena memang di dalam kegiatan MTQ itu ada mustahik yang berhak menerima zakat.

“Ada asnaf yang bisa dibantu untuk ini yaitu Asnaf Fi Sabilillah. Tentunya nanti kita sesuaikan dengan kondisi dimana BAZNAS bisa masuk nantinya. Dan nanti akan kami sampaikan kepada Pimpinan BAZNAS Kota Bukittinggi”. Tutup defri. (Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here