Tim PKK KB Kota Solok Berikan IVA Tes Secara Gratis

Sumbartime-Penyakit Kanker mulut rahim atau kanker leher rahim yang belakangan ini menjadi penyebab nomor satu  atas kematian para ibu, menjadi perioritas utama dalam pembahasan yang dilakukan oleh tim PKK-KB Kesehatan kota Solok. Dalam menyikapi penyakit berbahaya itu,Tim PKK-KB Kesehatan kota Solok  berkerjasama dengan semua unsur terkait untuk melakukan pendektesian dini (IVA Tes) secara gratis kepada kaum ibu yang ada didaerah setempat.

Hal itu diungkapkan oleh ketua Tim PKK-KB Kesehatan kota Solok,  Hj. Zulmiyetti Zul Elfian, disela kesempatannya memberikan sambutan dalam acara Pencanangan Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan (PKG-PKK-KB-KES) Kota tahun 2017, Selasa 10 Oktober 2017, di kantor Camat Lubuk Sikarah kota Solok.

Iklan

Menurut ketua Tim PKK-KB Kesehatan kota Solok,  pendeteksian dini secara garatis juga dilakukan terhadap penyakit kanker payudara,  dan sesuai dengan hasil rapat terpadu dengan semua unsur terkait,  tim telah mengalokasikan beberapa tempat yang akan dituju oleh para ibu untuk  melakukan pendeteksian dini atau IVA tes tersebut.

Sebagai orientasi dan aksen dari program yang telah dikemas oleh   Tim Pengerak PKK-KB Kesehatan kota Solok untuk menungkatkan kesejahreraan masyarakat serta untuk menurunkan angka kematian para ibu yang disebabkan oleh Kanker pintu Rahim,  Tim tersebut telah memberikan himbauan kepada seluruh wanita,  guru,  dan masyarakat lainnya yang ada untuk melakukan IVA tes,  dan nantinya  akan diberikan kartu pemeriksaan bagi yang telah melakukan IVA tes tersebut.

Upaya lain yang dilakukan oleh Tim PKK-KB Kesehatan kota Solok dalam rangka meningkatakan kesejahteraan dan keselamatan jiwa para ibu adalah berupa pemberdayaan perempuan dalam semua bidang,  dan hal tersebut dikemas didalam sebuah bentuk kegiatan pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat kota Solok.

Dalam kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan di kota Solok,  melibatkan lebih kurang sebanyak 150 orang yang berasal dari bebeberapa unsur yang ada, diantaranya,  dari Forkompinda kota Solok,  OPD terkait,  Camat dan Lurah se kota Solok,  LKAAM,Bundo Kanduang,  serta pimpinan puskesmas yang ada, namun kegiatan IVA tes Tim PKK-KB Kesehatan juga melakukan kerja sama dengan pihak BPJS yang ada.

Dalam kegiatan PKG-PKK-KB-KES yang dilaksanakan pada Selasa itu,  dibuka lansung oleh walikota Solok,  H. Zul Elfian, SH, Msi,  selain dihadiri oleh OPD dan seluruh jajaran TP. PKK.KB Kesehatan kota Solok, kegiatan juga turut dihadiri oleh kepala dinas kesehatan provinsi Sumatera Barat dan kepala BKKBN Sumbar. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here