Simalakama Partai PKS, Putusan Pelik Dua Kader Terbaik Pada Pilkada Sumbar

Dua kader terbaik PKS

SUMBARTIME.COM- Sonsong Pilkada Propinsi Sumatra Barat yang akan berlangsung pada Tahun 2020 ini, diam diam di tubuh Partai PKS sendiri baik DPW maupun DPP masih terjadi tarik ulur soal siapa yang akan diusung untuk menjadi calon Kepala Daerah di Ranah Minang tersebut.

Menurut Ketua DPW PKS Sumbar, Ustadz Irsyad Safar partainya pada Pilkada Gubernur nanti mengusung dua nama calon Kandidat yang salah satunya akan ditetapkan sebagai Calon Gubernur Sumbar dari Partai dakwah tersebut, ucapnya.

Dijelaskan saat ini kedua nama tersebut sama sama bagus dan cukup familiar di publik Sumatra Barat. Hebatnya lagi kedua nama tersebut saat ini masih tercatat sebagai Kepala Daerah dan sama sama telah menjabat dua priode.

Dua nama tersebut yakni, Mahyeldi Ansharullah dan Riza Falepi. Yang satu Walikota Padang dan satunya lagi Walikota Payakumbuh.

Irsyad Safar mengaku jika PKS saat ini masih belum menentukan pilihan soal siapa yang akan ditetapkan dari dua nama kandidat tersebut, paparnya. Walau ada rumor yang menyebutkan jika salah satu kandidat sudah dilamar pihak lain, namun keputusan serta sikap resmi partai belum keluar terkait siapa yang akan dicalonkan, akunya lagi kepada para awak media.

Bahkan dengan tegas Irsyad juga mengatakan terkait penentuan siapa yang bakal di usung pada Pilkada Gubernur Sumbar nanti, pihaknya menunda dan mengundur jadwal pengumuman, paparnya beberapa waktu yang lalu kepada awak media.

Bahkan Ketua DPW PKS Sumbar itu diberbagai kesempatan kerap mengatakan semuanya tergantung pilihan masyarakat banyak. Selain itu kedua kandidat juga harus memenuhi syarat kriteria, tanpa menjelaskan kriteria yang dimaksud.

Terkait masih diundurnya penetapan Calon Gubernur yang bakal diusung oleh partai PKS, menurut para pemerhati politik, itu semua tak lepas dari sulitnya pihak partai dakwah tersebut mengambil keputusan untuk memilih satu dari dua nama kader yang sama sama memiliki prestasi sebagai Kepala Daerah, ujar pengamat.

Disatu sisi sebagian warga Kota Padang menghendaki jika Mahyeldi yang akan maju sebagai calon gubernur. Namun di sisi lain hampir seluruh warga Payakumbuh dan Limapuluh Kota, meminta agar PKS mengusung dan mencalonkan Riza Falepi sebagai Calon Gubernur mereka, jika PKS ingin meraih kemenangan di Luhak Limopuluah tersebut.

” PKS saat ini bagikan sedang memegang buah Simalakama. Perlu kehati hatian dan kearifan dalam menentukan pilihan,” ujar Dt Safa Rajo Nan Kayo, salah satu tokoh Luhak limopuluah mengatakan, Minggu (16/2) siang.

Peliknya persoalan yang kini dihadapi oleh partai dakwah tersebut dalam mengusung dan menetapkan calonnya, membuat awak media mencoba memunculkan jejak rekam dua tokoh kader terbaik PKS tersebut sebagai bahan perbandingan bagi masyarakat umunya serta Partai dakwah itu khususnya.

Nama pertama adalah Mahyeldi Ansharullah. Dirinya merupakan Walikota Padang untuk priode yang kedua kalinnya. Walikota pilihan masyarakat Kota Padang itu dilantik untuk menjadi Kepala Daerah yang kedua kalinya pada medio Mei 2019 kemaren bersama Hendri Septa tersebut, merupakan pemenang pilihan warga Kota Padang.

Dalam pidato politik petamanya bersama Hendri Sapta sebagai pendampingnya, Mahyeldi Ansharullah sempat berjanji akan menuntaskan pembangunan di kota Padang sampai akhir masa jabatan dirinya. Dan sepertinya, janji pidato politik yang diucapkan oleh pasangan tersebut, mulai menunjukan kebenarannya. Berlahan namun pasti Kota Padang mulai berbenah dan mempercantik diri, seperti yang diakui oleh beberapa warga Kota setempat saat ditemui oleh wak media.

Adapun nama yang kedua adalah Riza Falepi. Alumni ITB itu merupakan Walikota Payakumbuh untuk priode kedua kalinya. Sosok muda relijius namun kaya ide ini dalam tempo waktu kurang dari 7 Tahun telah mampu merubah wajah Kota Payakumbuh menjadi cantik dan indah. Payakumbuh yang dulunya terkesan tak jelas Rencana Tata Ruang Rencana Wilayah (RTRW), di tangan pria enerjik tersebut berlahan tapi pasti mulai tertata rapi.

Proyek Fenomenal Relokasi Batang Agam yang awal mulanya banyak ditentang serta dikritisi oleh beberapa kalangan di Kota Payakumbuh, namun kini terbukti menjadi proyek yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Payakumbuh berubah wajah menjadi Kota dengan pertamanan panjang yang cantik menuju Kota Moderen tanpa meninggalkan jati diri sebagai daerah agamis dan beradat.

Disamping bisa menjadikan aliran Batang Agam yang membelah dan melintasi Kota Kecil tersebut sebagai lokasi tujuan destinasi wisata baru, Riza Falepi telah mampu membangun sumber air bersih PDAM yangpasokan utamanya berasal dari Batang Agam itu sendiri.

Selain itu menurut pengakuan warga Kota, saat ini jalan jalan di setiap Kelurahan di Kota Payakumbuh sudah tidak ditemukan lagi jalan tanah atau jalan berkerikil. Semuanya telah teraspal hingga masuk ke dalam gang gang perumahan warga.

Atas prestasi kinerja yang luar biasa dari seorang Riza Falepi yang mampu menyulap Kota kecil menjadi Kota moderen berbasi agamis serta data istiadat budaya lokal, maka warga Payakumbuh mendorong agar Kepala daeranya maju dan ikut bertarung dalam pemilihan Gubernur Sumbar pada tahun ini.

Menariknya tidak hanya warga Kota Payakumbuh, tetangga terdekat seperti Kabupaten Limapuluh Kota, masyarakatnya sendiripun menginginkan agar Riza Falepi ikut maju dan akan didukung secara beramai ramai oleh warga Luhak Limopuluah.

Akan tetapi apapun itu, bola tetap berada di tangan DPW dan DPP PKS itu sendiri.Dua nama kader yang sama sama memiliki prestasi diakui cukup membuat partai tak bisa sembarangan menjatuhkan pilihan.

Namun terlepas dari itu semua, warga Sumbar yang kini menaruh harapan kepada PKS berharap agar partai tersebut benar benar menentukan pilihan secara profesional. Sebab untuk menahkodai Daerah Sumatera Barat yang banyak diisi oleh kaum cadiak pandai dibutuhkan pemimpin yang tidak hanya sekedar religius saja, namun mempunyai jiwa Leadership yang benar benar lahir dari daya juang dan pekerja keras serta bukan lahir dari pencitraan semata. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here