Solok Menuju Kota Sehat

Sumbartime-Bersama dengan 170 daerah tingkat II lainnya,  kota Solok telah masuk kedalam gerbong kedua dalam penilaian kota Sehat secara nasional,  kota Sehat adalah suatu kota yang bersih,  nyaman, aman,  dan sehat untuk dihuni penduduknya,  ungkap  Sofwan, SKM, MM, disela kegiatan Pembinaan kota sehat oleh tim kementrian kesehatan RI,  Rabu 11 Oktober 2017, di sekretariat Forum kota sehat kota Solok.

Dalam paparannya itu, Sofwan,SKM.MM yang juga sebagai ketua tim verifikasi Forum Kota sehat Forum Kecamatan sehat (FKKS) dari kementrian kesehatan RI, menerangkan,  kondisi daerah yang sehat akan dapat dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah setempat, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas serta perekonomian masyarakat.

Iklan

” Sebagai tim verifikasi kota sehat kami hanya melakukan penilaian administrasi dan fakta dilapangan, dan kami tidak bisa mengambil keputusan siapakah nantinya yang akan diundang ke kementrian ” papar ketua Tim verifikasi tersebut.

Dalam kegitan pembinaan penyelenggaraan kota sehat oleh tim kementrian kesehatan tingkat nasional itu, dihadiri oleh wakil walikota Solok, Ir. Reiner,ST.MM, kepala Bappeda kota Solok, Jonedi, SH. M. Hum, OPD terkait, ketua Forum kota sehat kota Solok, Irzam Sumarta, beserta seluruh anggota nya.

Dalam kesempatannya itu, wakil walikota Solok menyampaikan, dalam menjalankan peraturan bersama mentri dalam negeri dan mentri kesehatan RI nomor 34 Tahun 2005 dan nomor 1138/Menkes/PB/VII/2005 tentang pedoman penyelenggaraan kabupaten/kota sehat, pemerintah kota Solok telah melakukan beberapa terobosan.

Diantara terobosan yang telah dilakukan itu adalah mencarikan solusi terkait dengan masalah kepadatan lalu lintas, pencemaran udara, perumahan dan pelayanan masyarakat yang kurang layak, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang masih rendah, sanitasi kota yang buruk, kriminal, serta kekerasan dan penggunaan obat obat terlarang.

Lebih jauh wakil walikota Solok mengatakan, kesehatan kota menjadi salah satu program perioritas bagi pemerintah kota Solok, serta itu telah dirancang jauh dari sebelumnya, dan sebagai bukti pemerintah kota Solok telah menerima beberapa penghargaan dari pemerintah pusat, terkait dengan programnya untuk menjadikan kota Solok sebagai Healthy City atau kota sehat.

Pada 2011 lalu pemerintah kota Solok telah menerima penghargaan Swastisaba Padapa, 2013 penghargaan Swastisaba Wiwerda, dan pada 2015 dalam penilaian perkembangan kota sehat, pemerintah kota Solok mendapatkan penghargaan Swastisaba Wistara.

” Mudah mudahan hasil penilaian dan evalusi 2017 ini, kota Solok dapat mempertahankan penghargaan Swastisaba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi untuk kota sehat ” papar Ir. Reiner mengakhiri.

Sofwan,SKM.MM  adalah ketua tim verifikasi Forum Kota sehat,Forum Kecamatan sehat ( FKKS) dari kementrian kesehatan RI,  dan dalam menjalankan tugasnya ke kota Solok,  Sofwan didampingi oleh Iwan Nefawan, SKM, M. Kes, dikatakannya, Kementrian kesehatan RI, menugaskan dua tim yang ada untuk melakukan penilaian atau verifikasi ke provinsi Sumatera Barat (Sumbar). (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here