Rokok Ilegal Senilai Rp 1,5 Milyar Diamankan Koarmada 1 Riau

250 Kardus rokok ilegal diamankan Koarmada I

SUMBARTIME.COM-Duaratus Limapuluh Kardus rokok ilegal yang dibawa dari Kepulauan Batam dan akan di edarkan menuju Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil ) Riau, berhasil digagalkan oleh Komando Armada (Koarmada) I.

Menurut Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulis, Jumat (14/9), pihaknya berhasil menggagalkan sebanayk 250 kardus rokok tanpa pita cukai yang dibawa dari Batam menuju Kuala Enok. Disamping berhasil mengamankan rokok ilegal seniali Rp 1,5 Milyar tersebut, pihaknya juga mengamankan dua orang penyelundupnya serta satu unit speedboat mesin 300 x 4 merek Mercury.

Iklan

Di jelaskan rencananya dari pengakuan dua pelaku yang diamankan, rokok ilegal itu akan diedarkan di wilayah Riau. Namun usaha tersebut kandas menyusul tim Koarmada berhasil menangkap mereka.

Kronologi penangkapan berawal dari adanya informasi yang menyebutkan adanya dugaan sebuah kapal yang datang dari Batam membawa ratusan kardus rokok tanpa pita cukai pada Selasa (11/09). Tim gabungan F1QR koarmada I dan Lanal Dumai langsung bergerak dengan menggunakan 3 speedboat yang mendapatklangsung turun ke lapangan melakukan pengintaian di perairan.

Benar saja, tak beberapa lama kemudian tim mendengar bunyi sebuah kapal pompong dari laut menuju perairan Kuala Enok. Tim yang merasa curiga langsung melakukan pengamatan terhadap sebuah kapal pompong yang terlihat berjalan dengan janggal. Saat diteropong disebelah kapal pompong tersebut, berjalan pelan sebuah speedboad mengikuti jalan kapal pompong.

Saat itulah tim langsung melakukan pengejaran dengan cara senyap tanpa diketahui oleh target operasi. Saat target sudah dalam jangkuan, tim langsung melakukan tembakan peringatan ke udara, sehingga membuat pengemudi speed boad panik dan langsung bersembunyi.

Saat digeledah tersebutlah, tim menemukan 250 kardus rokok ilegal dan dua orang penyelundupnya yang bersembunyi di dalam terpal, papar Yudo. (kr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here