Revisi UU MD3 Molor, Baleg Lempar Bola Panas ke Pemerintah

Sumbartime-Badan Legislasi (Baleg) DPR tidak mau disalahkan atas molornya revisi UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Baleg beralasan, belum kelarnya revisi itu lantaran masih menunggu jawaban Pemerintah terkait jumlah penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR yang diusulkan fraksi-fraksi.

“Kami di Baleg masih menunggu sikap Pemerintah. Kalau Pemerintah sudah memberikan jawaban, kami lanjutkan pembahasan,” ucap Wakil Ketua Baleg Firman Soebagyo, Jumat (20/10).

Iklan

Revisi ini ditujukan demi mengakomodir PDIP, sebagai partai pemenang Pemilu 2014, untuk ikut menikmati kursi pimpinan DPR dan MPR.

Revisi dimulai sejak Desember tahun lalu. Awalnya, revisi diprediksi akan berjalan cepat karena cuma mengubah pasal tentang jumlah pimpinan MPR dan DPR. Namun, revisi berjalan alot, hingga hampir satu tahun belum kelar juga.

Awalnya revisi ini dilakukan hanya untuk menambah masing-masing satu kursi pimpinan untuk DPR dan MPR. Namun, kemudian jumlah itu berkembang. Dalam lobi-lobi terakhir, ada fraksi yang mengusulkan agar kursi pimpinan MPR ditambah enam, sehingga totalnya menjadi 11. Usulan ini kemudian disampaikan ke Pemerintah. **

 

Sumber: RMOL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here