Irfianda Abidin Bantah Lakukan Aksi Penolakan Terkait Gelar Megawati

Sumbartime.com-Setelah sempat mengancam akan melakukan aksi penolakan atas pemberian gelar Doktor Honaris Causa (Dr HC) kepada Presiden RI ke lima, Megawati Soekarno Puteri oleh UNP Padang, hari ini pentolan FMM, Irfianda Abidin melunak.

“Tidak ada aksi turun kejalan penolakan pemberian gelar Dr HC kepada Megawati Rabu besok,”ujar Irfianda lewat whatshap video yang beredar di berbagai whatshap group termasuk di WAG TOP100, Selasa 26/9 malam ini.

Iklan

Sikap tidak ada aksi menurut Irfianda Abidin di whatshap videonya setelah melakukan berbagai diskusi dan kordinasi baik dengan DPRD Sumbar maupun Senin malam kemarin dengan Kesbangpol Sumbar.

“Setelah berdiskusi dan mendengar pendapat berbagai kalangan, kami memutuskan Rabu besok tidak aksi dan meminta masyarakat tidak turun aksi besok sampai informasi lebih lanjut,”ujar Irfianda.

Pro-kontra pemberian gelar Dr HC kepada Ketua Umum PDI perjuangan Megawati Soekarno Putri memang terjadi dua hari belakangan.

Ketua Umum Alumni UNP Fauzi Bahar sempat ancam balik kalau ada aksi, mahasiwa FIK UNP dan dirinya siap menghadang.

Senin kemarin Rektor UNP Padang Ganefri juga memastikan bahwa pemberian gelar Doktor Honaris Causa kepada Megawati telah melalui proses legal.

“Pemberian gelar kehormatan akademis bagi perguruan tinggi adalah lumrah dan itu otoritas dari perguruan tinggi,”ujar Ganefri.

Sementara itu Ketua DPW PKB Sumbar H Febby Dt Bangso mengatakan tepat UNP memberikan anugerah Doktor Honaris Causa kepada Megawati.

“Saya pastikan UNP membuat keputusan yang tepat karena, Rektor dan Senat UNP mendasari kepada jasa bu Megawati terhadap dunia pendidikan saat bu Megawati menjadi presiden,”ujar Febby.

Andre Rosiade yakin gelar kehormatan kepada Megawati dari UNP murni berdasarkan akademisi.
Sedangkan politisi muda Gerindra Pusat Andre Rosiade menilai pemberian gelar kehormatan akademik kepada Megawati bisa diterima.

“Saya yakin pemberian gelar itu tidak ada tendensius politik UNP sebagai lembaga perguruan tinggi yang melahirkan intelektual pelanjut bangsa dan negara ini, murni akademik tidak ada poltik dalam pemberian gelar itu,”ujar Andre Rosiade.

Sementara jelang senja hari tadi Megawati Soekarno Puteri sudah landing di Bandara Internasional Minangkabau.

“Yap, bu Megawati disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan tokoh Sumbar lain seperti Alex Indra Lukman dan Syeikh Boy Dt Palindih,”ujar Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal.( yendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here