Ini Keterangan Kalaksa BPBD Terkait Dampak Banjir Di Kota Solok

Kota Solok.sumbartime – Hujan Lebat yang mengguyur kota Solok dan sekitarnya, Sabtu,1Oktober 2022 siang hingga pagi 2 Oktober 2022, mengakibatkan banjir dibeberapa kawasan dikota Solok.

Dari pantauan media ini, kawasan Gawan, kelurahan Tanah Garam, kecamatan Lubuk Sikarah, kota Solok, tercatat menjadi titik terparah dari dampak musibah alam yang sampai berita ini diturunkan masih belum dapat dikendalikan.

Dari informasi dan data yang disampaikan Kalaksa BPBD kota Solok, Herman,SH.S.Sos menyebutkan, dari hasil investigasi lapangan, Minggu, 2 Oktober 2022, banjir juga mengakibatkan pohon tumbang dan longsor hingga mengenai salah satu belakang rumah warga.

Longsor terjadi dikawasan Simpang Payo, RT.02 RW 05, kelurahan Tanah Garam, kecamatan Lubuk Sikarah, dan di kelurahan Laing, belakang Perumnas Griya 2, RT.02 RW.03, kecamatan Tanjung Harapan, kota Solok, yang mengakibat salah satu belakang rumah warga ambruk.

Dari rangkuman catatannya yang ada, hujan deras mengguyur kota Solok dan sekitarnya mulai sekira pukul 22.00 Wib 1/10/2022 hingga 08.00 Wib 2/10/2022.

Intensitas dan durasi hujan mengakibatkan banjir dipermukiman warga khususnya disekitar wilayah Batang Gawan atau disepanjang aliran sungai Batang Gawan.

Kalaksa BPBD kota Solok mengakui, sebagai bentuk upaya dini, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa Sembako, Alat Pembersih, Matras, Family Kids, Terpal, Tenda Keluarga, Tenda Pengunsi, Selimut, dan peralatan Rumah Tangga.

” Selain melakukan evakuasi warga ketitik aman, kami juga telah menyalurkan logistik dan makanan yang menjadi kebutuhan mendesak bagi warga ” imbuh Herman, SH.S.Sos.

Atas nama walikota Solok, H.Zul Elfian Umar ia meminta warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya, mengingat sampai saat ini intensitas hujan masih terus berlanjut.** Gia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here