Henny Riza Falepi : Indonesia Dipapan Bawah Urut Literasi Dunia

SUMBARTIME.COM-Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Perpustakaan Kelurahan / Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kelurahan se-kota Payakumbuh tahun 2019.

Sosialisasi turut dihadiri oleh Kepala Kelurahan dan pengurus Taman Bacaan Masyarakat kelurahan se-Kota Payakumbuh yang berlangsung di Bakinco resto kelurahan koto tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (22/10/2019).

Iklan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh yang diwakili Kabid Perpustakaan Aswad mengatakan bahwa Kota Payakumbuh mendapat perhatian lebih dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Begitu pedulinya perpusnas terhadap perpustakaan Kota Payakumbuh karena telah memfasilitasi 1000 buku dan rak sebanyak 2 buah. Kami sangat berbangga dan berterimakasih atas bantuan dari perpusnas kepada perpustakaan Kota Payakumbuh, karena hanya 3 kabupaten/kota di Sumatera Barat yang mendapatkan bantuan seperti ini”, ungkap Aswad.

Kabid perpustakaan tersebut berharap dengan adanya sosialisasi pengelolaan perpustakaan kelurahan membuat pengelola perpustakaan dan lurah bisa memfasilitasi, mengarahkan dan mengajak masyarakat untuk gemar membaca serta menjadikan taman bacaan dikelurahan sebagai rumah kedua dan tempat beraktivitas bagi masyarakat.

”Dengan adanya sosialisasi ini kita sangat mengharapkan perpustakaan adalah rumah kedua bagi anak-anak , remaja, orang tua dan lansia”, lanjut Aswad.

Salah satu pemateri, Nova selaku pemilik Taman Bacaan Hawari kelurahan Taratak Padang Kampuang kecamatan Payakumbuh Utara, sudah mendirikan Taman Bacaan dirumah sendiri tanpa campur tangan pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here