Harkitnas, Perkuat Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme

Payakumbuh, sumbartime.com —Wakil Walikota, Suwandel Muchtar bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) sekaligus membacakan amanat tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 di halaman kantor Balaikota Payakumbuh Bukik Sibaluik, Senin (22/5).

Iklan

Upacara peringatan Harkitnas yang bertujuan mengenang perjuangan pergerakan Boedi Oetomo sekaligus untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan dan nasionalisme ini diikuti  oleh pimpinan organisasi perangkat daerah, aparatur sipil negara (ASN) dan sejumlah pelajar di kota Payakumbuh.

Turut hadir dalam acara tersebut, wakil ketua DPRD, Suparman, Wakapolres Kompol Edsira, Kepala Kejaksaan Negeri, Hasbih, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) AKBP Firdaus ZN, serta Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Dahidin.

Dalam amanat Menteri Kominfo Ri yang disampaikan Wawako menyampaikan bahwa dengan berbagai kendala yang dihadapi, semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar sejak 109 tahun yang lalu, bahkan justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa saat sekarang ini.

Betapa sulitnya para pendahulu merajut angan keindonesiaan saat itu dengan segala keterbatasan mulai dari infrastruktur transportasi dan komunikasi, sumber daya insani yang belum mumpuni, acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat yang belum mengakar kuat.

“Masyarakat yang masih terkungkung dalam ketakutan akan kekejaman kolonialis yang selalu siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajahan. Semangat kebangkitan tersebut tidak pernah pudar dan semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa saat ini sejak 109 tahun silam,” kata Wawako dengan lantang.

Ditambahkan wawako bahwa presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini.Malah sejak awal, dalam program Nawacita yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi.

“Pemerataan pembangunan antar wilayah hendaknya diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” ujar wawako.

Tema yang diusung pada penyelenggaraan peringatan Harkitnas tahun ini adalah “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”. Bertindak selaku perwira upacara Kepala Dinas Kominfo, Elvi Jaya.

Kemudian, upacara di tutup dengan penyerahan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Puskesmas Padang Karambia Kec. Payakumbuh Selatan. (prima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here