Hari Jadi 2017, Inilah Tiga Iven Besar di Limapuluh Kota


Limapuluhkota, sumbartime.com —Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota tengah menyiapkan tiga pergelaran iven seni dan budaya. Kegiatan ini guna mengupayakan Lembah Harau menjadi Objek Wisata yang mendunia, serta menyemarakkan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke 176.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, sesuai rencana pada tahun 2017 ini, panitia pelaksana telah menyiapkan tiga rangkain acara seni dan budaya. Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang promosi wisata, guna menggonjot wisatawan sekaligus meayakan hari jadi kabupaten Limapuluh Kota yang jatuh pada Bulan April 2017 mendatang.

Iklan

Ketiga Ivent itu diantaranya, Pekan Budaya, Pasa Harau Alt & Culture Festival serta Kemilau Lembah Harau. “Guna membangun daerah dan memperkuat budaya di Kabupaten ini, dalam waktu dekat akan ada tiga ivent seni dan budaya, untuk itu saya mohon dukungannya agar kegiatan terlaksana dengan baik,” ujar Bupati Irfendi kepada wartawan, Selasa (28/3).
Pekan Budaya yang digelar pertengahan April akan menampilkan berbagai macam budaya, seni, serta menyuguhkan produk unggulan daerah, sekaligus ajang promosi produk lokal milik Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Limapuluh Kota.
“Yang jelas kegiatan tahunan ini, bakal lebih menarik lagi pada tahun sebelumnya” ujar Bupati.

Selain Pekan budaya, Agustus mendatang juga digelar Pasa Harau dan Kemilau Lembah Harau. Iven ini digagas komunitas Harau. Para turis mancanegara dan turis lokal akan menyaksikan berbagai macam seni tradisi minangkabau.

“Ini merupakan salah satu program mengembangkan potensi wisata lembah Harau. Diharapkan, memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomian masyarakat Limapuluh Kota, khususnya Nagari Harau,” ungkap Irfendi.
Panitia Pasa Harau dalam media sosialnya mengatakan, dalam kegiatan ini, pengunjung Pasa Harau nantinya bakal merasakan dahsyatnya berkampung halaman di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Pasalnya, selama Tiga hari Dua malam pengunjung bakal disuguhkan berbagai rangkaian acara dan makan terbaik di Lembah Harau. Diantaranya, kegiatan pacu jawi, pacu itiak, pacu cakau baluik dan buru babi khas masyarakat minang.

Selain itu pengunjung nantinya juga bakal menjadi bagian dari permainan rakyat minang. Bagi penikmat musik juga bakal diadakan panggung Haraukustik yang akan menaghadirkan grup-grup temporer, bagi pengunjung penyuka alam panitia juga bakal menggelar kegiatan trecking, panjat tebing dan tour keliling lembah harau.

”Penasaran dengan kegitan kegiatan ini, datang saja pada acara Pasa harau yang akan dihelat 25-27 Agustus mendatang, bakal ada kegiatan kegiatan menarik lainya,” tulisnya (ARY/Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here