Di Depan Puluhan Ribu Jamaah Shalat Idul Adha 1440H. WALIKOTA PAYAKUMBUH SAMPAIKAN 3 PRIORITAS INI!

SUMBARTIME.COM-Puluhan ribu jamaah berbondong-bondong menghadiri Shalat Idul Adha 1440 Hijriyah di Halaman Balaikota Payakumbuh, Jalan Veteran. No. 70, Ahad (11/8) pagi.

Dihadiri Walikota Riza Falepi, Wakil Walikota Erwin Yunaz, Sekretaris Daerah Rida Ananda, unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan perangkat daerah lainnya, tokoh masyarakat dan unsur lainnya dengan hikmat mengikuti rangkaian pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini.

Iklan
Loading...

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah kepada seluruh jamaah yang hadir maupun warga Payakumbuh. Walikota juga mengajak masyarakat untuk mensyukuri hasil pembangunan yang telah dicapai dan memeliharanya agar bisa lebih bermanfaat dalam waktu yang lebih lama.

Kemudian Walikota juga menginformasikan kepada jamaah bahwa, dalam waktu dekat program pembangunan yang tengah menjadi prioritasnya ada 3 (tiga), di anataranya sebentar lagi Pemerintah Kota Payakumbuh akan meresmikan pusat pelayanan masyarakat dengan sebutan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Dengan konsep One Stop Service, dimana fasilitas ini dipersiapkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam megurus segala bentuk perizinan dalam satu lokasi. Di antaranya perizinan usaha, kependudukan, keimigrasian kemudian pelayanan pajak daerah dan retribusi, perbankan, Samsat dan lain-lain.  

“Di kantor ini, tepatnya lantai satu, sebentar lagi akan Kita resmikan Mal Pelayanan Publik. Dengan konsep One Stop Service. Kita ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakat kita dengan biaya sesuai aturan. Tidak ada lagi biaya-biaya di bawah meja atau biaya siluman,” ungkap Walikota dengan tegas.

Menurut Walikota, MPP dipersiapkan dengan sarana dan prasarana yang sebaik-baiknya. Mulai dari sistem yang online, SDM yang baik dan ramah, serta waktu proses yang terbilang lebih cepat dari biasanya. Dan masyarakat pun tidak lagi dipusingkan dengan proses yang bolak-balik dan berulang-ulang.

Selanjutnya Walikota Riza mengutarakan prioritas kedua, yaitu mengenai persampahan. Beliau mengharapkan agar warga masyarakat peduli akan masalah sampah, jangan biarkan lingkungan di sekitar rumah tangga, sekolah, pasar, tempat kerja, saluran air dengan sampah yang berserakan dan kumuh. Apalagi saat ini permasalahan sampah plastik yang telah mulai mengganggu lingkungan. Sebab sampah plastik sudah mulai mendominasi jumlah sampah yang ada dan sampah jenis ini sangat sukar untuk terurai dan hancur. Untuk itu Walikota mengharapkan warga untuk mengurangi penggunaan kantong dan bungkus plastik di tengah kehidupan sehari-hari.

“Mari kita budayakan dan jadikan kebiasaan sehari-hari dengan kehidupan bersih. Karena kebersihan sebahagian dari keimanan kita,” harap Wako.

Dan prioritas yang ketiga adalah mengejar pembangunan yang belum terealisasi. Dengan keterbatasan anggaran, Pemerintah Daerah dengan sekuat tenaga akan berusaha dengan sebijaksana mungkin untuk mewujudkannya.

“Bahkan saat ini ada anggaran kelurahan yang bisa kita manfaatkan, misalnya untuk keperluan pengadaan becak sampah, penerangan/lampu jalan, bahkan alat untuk pengolah biji plastik. Serta Kita akan terus berupaya untuk mengejar sejumlah target pembangunan lainnya yang belum terwujud, Kita akan berusaha dan kembangkan demi kesejahteraan masyarakat Payakumbuh,” terang Wako Riza di penghujung pidato sambutan Idul Adha 1440H. **

#bagianprotokolerpyk

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here