Bulan Bhakti Dasawisama VII 2019 WAKO RIZA : MARI CEGAH STUNTING DAN MINIMALISIR SAMPAH PLASTIK

SUMBARTIME.COM-Mencegah Stunting (gizi buruk) dan meminimalisir sampah plastik mesti kita dukung bersama dan menjadikannya sebuah kebiasaan di tengah masyarakat.

Pemerintah melalui kegiatan PKK tentu sangat terbantu, karena PKK dengan program-programnya tersebut langsung menyentuh ke masyarakat bawah dan mensosialisasikannya, tentu sangat berpengaruh secara signifikan.

Iklan
Loading...

Hal tersebut disampaikan Walikota Riza Falepi saat menyampaikan pidato sambutannya kala meresmikan kegiatan Pencanangana Bulan Bhakti Dasawisma ke VII tahun 2019 tingkat Kota Payakumbuh, di Lapangan Muda’s Top Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Selasa (26/3).

Acara yang dihadiri Ketua TP-PKK Hj. Henny Yusnita, berlangsung meriah, serta diikuti pula oleh Wakil Ketua TP-PKK Hj. Machdalena, Kadis DP2AP2KB Syahnadel Khairi, Kadis Kominfo Jhon Kenedi, Kadis Lingkungan Hidup Dafrul Pasi, sejumlah pimpinan OPD, Camat, Lurah, tokoh masyarakat dan bundo kanduang serta pengurus TP PKK kecamatan, kelurahan dan anggota Dasawisma se Payakumbuh.

Dilanjutkan Walikota, saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya untuk menggalakkan program pencegahan gizi buruk, karena jika keadaan ini terus dibiarkan tentu akan berpengaruh pada masa depan generasi bangsa.

“Ketika pertumbuhan anak-anak kita tidak tercukupi asupan gizinya, pasti akan berpengaruh pada pertumbuhan otaknya yang tidak akan maksimal. Nah, apabila kita biarkan tentu akan berpengaruh pada masa depan generasi bangsa ini.

Dan kita akan berusaha untuk meminimalisir tentang masalah stunting dan Alhamdulillah, Payakumbuh masih masuk kategori aman terhadap bahaya stunting ini”, kata Walikota.

Begitu pula dengan masalah sampah terutama sampah plastik, Pemerintah Kota saat ini terus berupaya dalam mendukung kelestarian lingkungan. Berbagai kebijakan dalam penanganan masalah sampah termasuk sampah plastik tengah dilakukan.

“Diantaranya kita mencoba memperbanyak bak-bak sampah serta mengusahakan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam hal memilah sampah. Disini, peran PKK juga kita butuhkan untuk melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada para anggotanya dan masyarakat,” ujar Wako Riza.

Menurut Walikota, dari sekian banyak kegiatan dalam 10 Program Pokok PKK mesti kita akomodir semua, dan itu tentu dengan melihatnya dengan skala prioritas di tengah masyarakat saat ini.

“Kalo kita berpedoman pada 10 Program Pokok PKK tentu sangat banyak kegiatan yang harus kita lakukan. Bukan berarti kita memilih-milih yang bisa kita kerjakan namun kita mesti harus melihat mana yang lebih prioritas dengan kondisi yang ada saat ini,”ungkap Walikota Riza.

Diakhir sambutannya Wako Riza mengapresiasi tim penggerak PKK kota Payakumbuh, karena berbagai program kegiatan yang dilakukannya sangat luar biasa.

“Kenapa luar biasa, sebagaimana yang kami rasakan secara pribadi jika hanya Walikota saja yang bekerja tentu tidak lengkap. Oleh karena itu peran PKK akan melengkapinya terutama dari sisi dan peran keibuan yang dimilikinya. Maka dari itu kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada tim penggerak PKK kota Payakumbuh,”pungkas Wako Riza.

Sementara itu Ketua TPP PKK kota Payakumbuh Hj. Henny Yusnita mengatakan bahwa kegiatan Bulan Bhakti Dasawisma tahun ini adalah yang ke tujuh kalinya dan mengangkat tema Pencegahan Stunting dan Meminimalisasi Sampah Plastik.

“Berangkat dari tema tersebut kita akan melakukan sosialisasi masalah stunting ke kelurahan-kelurahan sampai ketingkat dasawisma. Kita akan sampaikan tentang bagaimana bahaya stunting serta pencegahannya. Sehingga timbul kesadaran bersama akan pentingnya untuk mencegah bahaya gizi buruk ini.

Dan mengenai sampah plastik kita harapkan ibu-ibu rumah tangga untuk memulai memilah sampah dan bermuara akan berkurangnya jumlah sampah di kota Payakumbuh,”tutup Hj. Henny. (aa)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here