Badai Terjang Payakumbuh dan Sekitarnya, Belasan Rumah Rusak Parah Serta Puluhan Pohon Bertumbangan

Pohon Beringin yang tumbang dan roboh di kawasan Bukit Sitabur

SUMBARTIME.COM-Hujan deras yang disertai angin badai menerjang kawasan Kota Payakumbuh pada Minggu (110/11) sore, menyebabkan belasan rumah warga mengalami rusak parah, dan puluhan pohon roboh bertumbangan.

Dari hasil investigasi awak media di lapangan kerusakan rumah warga terdapat di beberapa titik lokasi. Di kawasan Kelurahan Balai Jaring Bodi, sebuah rumah panggung adat Minang separo atapnya lepas berterbangan dibawa angin badai yang cukup kencang.

Iklan
Loading...

Di kelurahan Sicincin, Payakumbuh Timur, beberapa rumah warga juga mengalami rusak parah, seperti bagian atapnya yang lepas serta ada juga rumah warga yang nyaris terbelah akibat ditimpa pohon yang rebah. Hal yang sama juga terjadi di kawasan Kelurahan Padang Tiakar, Payakumbuh Timur. Juga terdapat beberapa rumah warga yang mengalami lepasnya atap serta tertimpa pohon roboh.

Sementara itu pada kejadian Minggu sore tersebut, di Kawasan simpang Bukit Sitabur sebuah pohon beringin yang diperkirakan telah berumur mencapai seratusan tahun tumbang dan roboh dan menerba badan ruas jalan penghubung kawasan Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Akibat robohnya pohon beringin tersebut, sempat terjadi kemacetan panjang selama beberapa jam hingga malam hari. Selain menimbulkan kemacetan parah, rubuhnya pohon beringin tersebut juga menimpa tonggak PLN sehingga aliran listrik sempat terputus beberapa jam di sebagian besar Wilayah Kota Payakumbuh.

Dari informasi terkahir, evakuasi pohon besar tersebut dihentikan pada pukul 22.00 Minggu (10/11) malam dan direncanakan akan dilanjutkan pada keesokan paginya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang didampingi oleh Sekda Kota, Rida Ananda hadir sejak sore hingga malam ini di Kawasan Bukit Sitabur ikut mengawal proses evakuasi pohon beringin yang menutupi rusa jalan raya tersebut.

Beruntung dalam peristiwa angin badai yang melanda Kota Payakumbuh dan sekitarnya belum ditemukan adanya laporan korban jiwa, namun hingga tengah malam ini tim BPBD, TNI/Polri masih berada di titik titik lokasi bencana untuk memantau perkembangan. (aa)


Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here