4 Pasang Calon Kepala Daerah Limapuluh Kota Resmi Mendaftar ke KPU

SUMBARTIME.COM-Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota berakhir Minggu (6/9) ini. Selama pendaftaran dibuka, hanya 4 pasangan calon yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Limapuluh Kota.

Yakni pasangan Ferizal Ridwan (perorangan), Darman Sahladi-Maskar (koalisi parpol), Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (koalisi parpol) dan pasangan Safaruddin Dt Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan (koalisi parpol).

Iklan

Pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis, merupakan pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan dengan dukungan 23240 itu, mendaftar pada Jumat (4/9) pagi. Ferizal Ridwan-Nurkhalis merupakan kolaborasi antara Wakil Bupati dengan mantan caleg DPD RI dengan lumbung suara di Kecamatan Lareh Sago Halaban-Kecamatan Mungka.

Pasangan kedua, yakni Darman Sahladi-Maskar Datuak Pobo. Pasangan tersebut, diusung Partai Demokrat-PAN dan Nasdem dengan total dukungan 9 kursi di parlemen. Darman Sahladi merupakan Ketua DPC Demokrat Limapuluh Kota serta anggota DPRD Sumbar 2 periode.

Sedangkan Maskar Datuak Pobo merupakan mantan Walinagari dan pengusaha bidang properti. Pasangan dengan lumbung suara Kecamatan Kapur IX dan Kecamatan Luak itu mendaftar pada hari kedua, Sabtu (5/9) pagi. Dihari yang sama, pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus merupakan pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan yang diusung Gerindra-PKB-Hanura tersebut, mendaftar pada Sabtu (5/9) siang dengan total 12 kursi dukungan di DPRD.

Muhammad Rahmad merupakan pengusaha sukses diberbagai sektor, pernah dipercaya untuk menulis naskah pidato kenegaraan Presiden SBY serta mencoba mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI Pileg 2014 lalu tetapi belum berhasil terpilih untuk mewakili Sumbar. Putra Guguak tersebut, juga dikenal dengan sejumlah pejabat tinggi negara dan elit-elit politik secara nasional.

Kemudian, pasangan wakilnya, Asyirwan Yunus merupakan mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2010-2015 dan pernah menjadi ketua partai politik di daerah tersebut. Pada Pilkada 2015 lalu, putra Pangkalan mencoba untuk menjadi calon Bupati Limapuluh Kota yang diusung Gerindra-PAN, tetapi kalah suara dengan Irfendi Arbi yang saat itu diusung PDIP-PPP-PKB. Pasangan

Pasangan Safaruddin Datuak Bandaro-Rizki Kurniawan merupakan pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan tersebut, diusung oleh Golkar-PPP-PKS dengan 12 dukungan kursi di DPRD. Safaruddin Datuak Bandaro Rajo merupakan anggota DPRD Sumbar, Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota dan pernah jadi Ketua DPRD Limapuluh Kota. Sedangkan Rizki Kurniawan adalah pengusaha muda yang bergelut pada biro perjalanan haji dan umrah. Pasangan Safaruddin-Rizki memiliki kantong suara di Bukit Barisan dan Harau. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here