TPA Payakumbuh Over Capacity, Akan Diperluas 2,7 Hektar

SUMBARTIME.COM,-Pembuangan Akhir (TPA) Regional berlokasi di Padang Karambia, Kota Payakumbuh sudah over capacity atau sudah melebihi kapasitas penampungannya.

Rencana pembangunan sell landfill baru yang akan dilakukan seluas 2.7 hektar. sehinga total luas areal TPA menjadi 5.3 hektar. Dengan perluasan ini diperkirakan TPA akan mampu memenuhi kebutuhan penampungan sampah untuk lima hingga tujuh tahun ke depan.

Iklan

Menurut Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah Pemerintah Provinsi, Kota Bukittinggi dan Payakumbuh, serta Kabupaten Agam dan Limapuluh Kota secara bersama-sama akan meminta dukungan dari pusat untuk menanggulangi persoalan TPA di Payakumbuh ini. Anggaran Perluasan senilai 34 milyar rupiah akan digunakan untuk pembangunan sell landfill dan reservoir.

Baca Juga : Walikota Instruksi kan Jajaran Turun Tangan Percepatan Pembersihan Lokasi Kebakaran Pasar Bawah

Selain itu juga akan minta dukungan juga dari pusat. Perluasan TPA nantinya juga akan membebaskan 1 hektar lahan bekas longsoran sampah yang sudah diganti pada tahun 2017 lalu, nanti akan dijadikan buffer zone.

124 Ton Perhari Sampah Dari Bukittinggi Didistribusikan ke TPA Payakumbuh

Meninjau TPA Padang karambi Payakumbuh. Turut Hadir Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Walikota Bukittinggi Erman Safar, Bupati Agam Andri Warman, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Wako Erman menyampaikan perlunya langkah cepat harus diambil oleh Pemrov Sumbar maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang memanfaatkan TPA Regional Payakumbuh untuk menghindari ancaman longsor sampah di lokasi karena “over capacity”.

“Kita sudah lihat kondisi di lapangan langsung, dan mendukung langkah strategis Gubernur beserta Pemprov Sumbar yang berencana untuk melakukan perluasan Sell Landfill, serta perbaikan dan penambahan membran sementara untuk TPA tersebut” Ujar Wako Erman

Lihat Juga Video : Zamhar Sarkawi, Gunakan Uang Pribadi 2 Milyar Perbaiki Jalan

Ia juga menyampaikan Pemko Bukittinggi akan selalu melakukan sinergitas dengan Pemprov Sumbar serta Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya dalam menyikapi persoalan ini.

Diketahui, selama ini Pemko Bukittinggi telah bekerjasama dengan Pemko Payakumbuh dalam hal pembuangan sampah ke TPA Regional Payakumbuh. Setidaknya 124 ton perhari sampah dari Bukittinggi didistribusikan ke TPA yang berlokasi di Padang Karambia, Kota Payakumbuh itu. (Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here