Sidang Kasus Pilubang, Pembacaan Tuntutan Terdakwa Oknum DPRD LimapuluhKota Tedi Sutendi Ditunda

Gambar peristiwa Pilubang Berdarah

Sumbartime Limapuluhkota-Pembacaan tuntutan terhadap terdakwa kasus pembunuhan di Pilubang, Tedi Sutendi Cs , oknum anggota DPRD Limapuluh Kota, Sumbar yang dijadwalkan Rabu (28/02), ditunda hingga 7 Maret mendatang.

Hal ini diungkapkan juru bicara Pengadilan Negeri Tanjuang Pati Muhammad Iqbal Hutabarat, kepada wartawan. “Tadi, agenda sidang yang sedianya pembacaan tuntutan, itu ditunda hingga minggu depan, atau tanggal 7 Maret,” kata Iqbal.

Iklan

Penundaan ini menurut Iqbal, dilakukan setelah Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh, menyatakan belum menyelesaikan berkas penuntutan.

“Karena jaksa belum siapkan berkas penuntutannya, maka tadi sidang kita tunda dulu sampai pekan depan,” ulas Iqbal, yang juga salah satu Hakim anggota dalam persidangan tersebut.

Iqbal dikenal sebagai hakim yang berpengalaman meyidangkan kasus-kasus menonjol di Limapuluh Kota, serta daerah lain yang menjadi tempatnya bertugas.

Beberapa waktu lalu, Iqbal juga menjadi hakim dalam perkara ‘Geledah Manggilang’. Kasus Manggilang ini, mencuat setelah Polres 50 Kota dan Brimob Polda Sumbar menggerebek kampung Manggilang, Pangkalan Koto Baru.

Sementara itu terhadap terdakwa Tedi Sutendi, dirinya merupakan salah satu oknum anggota DPRD LimapuluhKota, yang terlibat pembunuhan terhadap seorang warga Pilubang, Kabupaten Limapuluh Kota bernama Erwin (45) warga Jorong Koto Nan Gadang, Nagarian Pilubang, Kecamatan Harau.

Terdakwa bersama adiknya terlibat melakukan pembacokan yang menyebabkan Erwin tewas meninggal dunia pada  Minggu (10/9/2017) silam. Peristiwa tersebut berawal dari perkelahian antara Tito yang merupakan adik dari Tedi Sutendi dengan Erwin. Dalam perkelahian tersebut, Tedi Sutendipun ikut terlibat diduga ikut melakukan pembacokan terhadap korban.

Adapun motif peristiwa perkelahian yang berujung pada melayangnya nyawa warga Pilubang, berawal dari protesnya warga Pilubang atas proyek Pokir (aspirasi) pembangunan jalan oknum anggota DPRD Tedi Sutendi yang dikerjakan di lahan yang bermasalah dan bersangketa. (aa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here