Sasar Pembangunan, Pemkab 50 Kota Godok RKDP 2017

Limapuluhkota, sumbartime.com— Dua tahun masa pemerintahan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan, hingga Maret 2017 ini, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kian memantabkan sasaran pembangunan. Perangkat kerja daerah Luak Nan Bungsu, kini tengah fokus menggodok Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2017.

Iklan

“Saya ingin perencanaan harus jelas terukur betul-betulterivikasi dan tertuang dengan baik efetif dan efisien, duduk bersama, catat mulai dari awal,” kata Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, saat membuka Rakor Forum Perangkat Daerah tahap I di aula Dinas Kesehatan, Selasa (14/3).

Rakor forum OPD siang itu, diharapakan Irfendi, dapat memperkuat basis perencanaan pembangunan yang bersumber dari akar permasalahan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

Disamping itu, juga penyelarasan program sesuai tupoksi OPD berdasarkan usulan Musrenbang di masing-masing kecamatan. “Pembahasan dan verifikasi Renja PD sesuai kewenangan dan urusan serta singkron dengan RPJMD. Begitu pula hasil musrenbang RKPD serta pokok –pokok pikiran DPRD,” kata Irfendi.

Kesepakatan antar perangkat daerah dan Bapelitbang, juga mencakup pagu anggaran yang dituangkan dalam RKPD 2018, sehingga perencanaan pembangunan diharapkan lebih berkualitas.

Irfendi berharap, kegiatan itu dapat mengakomodasi usulan Kecamatan dan pokok fikiran DPRD ke dalam Rancangan Pembangunan Daerah.

Rakor juga membahas penyelarasan tugas-fungsi masing-masing perangkat daerah, berdasarkan usulan kecamatan. Kemudian juga, penajaman indikator dan target, penyelarasan program perangkat daerah dalam rangka sinkronisasi dan optimalisasi target, serta penyesuaian pendanaan sesuai pagu di SKPD.

“Hasil –hasil pembahasan nantinya akan menjadi bahan pada tahapan berikutnya, atau Musrenbang RKPD di kabupaten. Untuk itu diharapkan peran aktif dari semua OPD,” tutur Irfendi Arbi. (ARY/rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here