Retas Situs Setkab, 2 Remaja Sumbar Ditangkap Mabes Polri

GAMBAR ILUSTRASI PERETASAN

SUMBARTIME.COM-Dua remaja asal Sumatera Barat (Sumbar) masing masing dari Kota Padang dan Kabupaten Dharmasraya ditangkap Mabes Polri, pada Kamis (5/8) dan Jumat (6/8) kemaren.

Keduanya ditangkap karena telah melakukan peretasan terhadap Situs Setkab pada 30 Juli 2021 yang lalu. keduanya diketahui merubah tampilan Situs laman setkab.go.id dengan tampilan layar hitam dan menampilkan gambar demonstran membawa bendera merah putih.

Iklan

Hal tersebut diungkapkan oleh Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Drs. Rusdi Hartono, M.Si, Minggu 8 Agustus 2021. Menurutnya pihaknya telah mengamankan dan menangkap dua remaja asal Sumbar masing masing dengan inisial ZYY (18) dan MLA(17).

Keduanya ditangkap di kawasan Tabing Kota Padang dan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya. Keduanya diketahui telah merubah tampilan Situs laman setkab.go.id beberapa waktu yang lalu. Walaupun laman situs telah diperbaiki namun polisi tetap melakukan pengamanan dan penangkapan, papar Rusdi.

Selain meretas Situs Setkab, pelaku juga telah melakukan peretasan terhadap 650 website, baik dalam maupun luar negri, tambahnya lagi.

Adapun motif kedua pelaku melakukan peretasan untuk mencari kesenangan dan keuntungan pribadi, pungkas Karo Penmas Divhumas Polri tersebut. (bn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here