Polresta Padang Bongkar Sindikat Pengoplos Tabung Gas

Gambar ilustrasi dari Internet

Sumbartime-Polresta Kota Padang membongkar dan menangkap 6 orang terduga pelaku pengoplos serta penyulingan tabung gas subsidi 3 kg ke tabung 12 kg non subsidi, Senin (22/01) malam, pukul 22.00 WIB, di kawasan Air Paku, Kelurahan Sungai Sapih, Kec. Kuranji.

Ke enam pelaku tersebut masing masing berinisial DR, FS, WR, BL, AF dan AI, menurut informasi pihak kepolisian, sindikat yang melakukan penyulingan gas ilegal tersebut, telah beroperasi selama dua tahun.

Iklan

Dalam aktifitas haram tersebut, mereka selalu berpindah pindah tempat. Saat aparat melakukan penggerebekan dan penangkapan di gudang mereka, dari keterangan para terduga pelaku, mereka baru 4 bulan beroperasi di kawasan Sungai Sapih Kota Padang.

Hasil dari kejahatan sindikat ini, menurut Kapolresta Padang, Kombes Pol. Chairul Aziz kepada awak media, Selasa (23/01), telah meraup keuntungan hingga ratusan juta perbulan.

Adapun cara kerja mereka adalah, menyuling 4 isi tabung gas 3 kg ke dalam satu tabung 12 kg. Sementara itu, harga satu tabung gas 3 kg sebesar Rp 17.000, sementara harga satu tabung 12 Kg sebesar Rp 190.000. Jadi para sindikat ini mendapat keuntungan rata rata sebesar Rp 92.000.

Dari pengakuan para pelaku dalam sehari mereka sanggup melakukan penyulingan hingga ratusan tabung 12 Kg, sehingga rata rata dalam seminggu mereka mendapat keuntungan berkisar Rp 25 Juta.

Padahal di Kota Padang, saat ini terjadi kelangkaan tabung gas subsidi 3 Kg. Kuat dugaan salah satu faktor kelangkaan tersebut terjadi oleh pengoplosan sindikat ini tutur Kombes Pol Chairul Aziz, menjelaskan. (yendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here