Perpanjang Catatan Prestasi, Wako Solok Terima Penghargaan UHC

Padang.sumbartime – Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2022, memperpanjang catatan prestasi yang telah ditorehkan pemerintahan yang dipimpin oleh walikota H.Zul Elfian Umar dan Ramadhani Kirana Putra.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audi Joinaldy, Selasa, 22 November 2922, di The ZHM Premier Hotel, Kota Padang. Turut hadir menyaksikan perwakilan Menteri Kesehatan RI, Kajati Sumbar, serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

UHC adalah suatu konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup beberapa aspek, diantaranya, Aksesibilitas dan equitas pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif yang meliputi pelayanan preventif, promotif, curatif sampai rehabilitatif.

Penilaian untuk UHC juga meliputi tentang kemampuan pemerintah dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat, dalam hal itu, pelayanan mempertimbangkan kemampuan finansial masyarakat dengan mencarikan solusi terkait pembiayaan kesehatan.

Keberhasilan dari program itu dibuktikan dengan telah terakomodirnya 80% dari masyarakat sebagai penerima manfaat pelayanan kesehatan seperti dari asuransi kesehatan, serta adanya pelayanan esensial yang merata dan aksesibel.

Kesehatan merupakan hal yang paling penting, dan mencegah penyakit dijadikan prinsip dasar dari pada mengobati, kata walikota Solok dalam kesempatannya menyampaikan sepatah kata setelah menerima penghargaan tersebut.

H.Zul Elfian Umar menerangkan, lebih kurang 97% masyarakat kota Solok telah menerima manfaat pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, dan jaminan kesehatan itu ditanggung oleh pemerintah daerah setempat melalui dinas terkait, dan terimakasih atas penghargaan yang diberikan, ungkap walikota Solok. ** Ega

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here