PERINGATI HPSN 2018 PEMKO SOLOK JADIKAN PETUGAS KEBERSIHAN SEBAGAI RAJA SATU HARI

Pejabat Kota Solok bersihkan sampah bersama sama

Sumbartime Solok-Dalam memperingati  Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, pemerintah kota Solok menjadikan petugas kebersihan yang tergabung pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Solok sebagai raja satu hari. Pada hari itu petugas kebersihan yang disebut dengan Pasukan Kuning itu diliburkan dari pekerjaannya  dan pekerjaannya digantikan oleh ratusan masyarakat kota Solok, Kader dan anggota Ormas, perwakilan BUMN dan BUMD, Forkompinda, Serta wakil walikota dan walikota Solok.

Pada hari yang istimewa itu, dan dipimpin lansung oleh Walikota Solok Zul Elfian, SH,Msi, seluruh unsur masyarakat yang ada  kecuali petugas kebersihan   turun kejalan untuk membersihkan seluruh ruang yang ada didaerah setempat, dan pasar raya Solok serta jalan utama menjadi sasaran utama bagi seluruh peserta dalam membersihkan dari sampah yang ada.

Iklan

Acara yang tergolong sangat unik itu, dikemas oleh DLH kota Solok, dan dilaksanakan setelah menggelar apel bersama pada Jumat 16 Februari 2018 di halaman terbuka Taman Syeh Kukut pusat kota Solok, dan dalam mengemas kegiatan itu DLH kota Solok juga membuka Sayembara untuk peserta yang ada yakni dengan memberikan hadiah bagi peserta yang mengumpulkan sampah terbanyak.

Dalam kesempatannya itu Kepala DLH kota Solok, Sukardi mengatakan, acara yang dikemasnya itu mendapat dukungan serius dari walikota dan wakil walikota Solok Reineir,ST.MM, adapun tujuan dari kegiatan itu adalah untuk meransang seluruh masyarakat agar membudayakan hidup sehat dan bersih.

Dalam pelaksanaannya seluruh peserta yang ada dilepas oleh walikota Solok dari Taman Syeh Kukut pusat kota Solok untuk membersihkan dan mengumpulkan sampah yang ada, dan sampah yang telah dikumpulkannya dibawa kembali ke Taman Syeh Kukut untuk ditimbang oleh pasukan kuning yang ada dan selanjutnya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).Bagi peserta yang mengumpulkan sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah berupa bingkisan, cendra mata dari, dan alat alat kebersihan lainnya yang telah disediakan oleh pelaksana acara.

Pada kegiatan yang diwarnai dengan kekompakan dan canda tawa itu, terlihat walikota Solok, wakil walikota Solok, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Dandim 0309 Solok, Letkol Arh Priyo Iswahyudi, dan unsur masyarakat lainnya saling berpacu dalam membersihkan dan mengumpulkan sampah disepanjang jalan utama dan pasar raya Solok, dan tampa memandang siapa diri mereka, merekapun saling bergantian menyapu gang dan lorong yang ada di pasar raya Solok.

Apa yang dilakukan oleh para petinggi itu jelas menarit perhatian seluruh pengguna jalan dan pasar raya Solok yang ada, dan melihat kejadian itu para pedagangpun ikut serta turun kejalan dan membersihkan kawasan sekitar  tempat mereka berdagang.

Kepada awak media yang ikut hadir pada kegiatan itu walikota Solok mengatakan, kegiatan bersih bersih yang dilaksanakan itu adalah dalam rangka memperingati HPSN 2018, dan secara nasional HPSN kali ini bertemakan ” Sayangi Bumi Bersihkan Dari Sampah “.

Dalam kesempatannya itu walikota Solok juga mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat untuk membebaskan kota Beras Serambi Medinah itu dari sampah yang ada, dan dikatakannya kota Solok tampa sampah akan terwujud apabila seluruh unsur masyarakat sama sama memiliki komitmen untuk terus membudayakan hidup sehat dan bersih.

Mengakhiri paparan yang disampaikannya, Orang nomor satu dikota Solok itu juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh DLH kota Solok dalam berjuang untuk menjadikan kota penghasil beras ternama itu menjadi kota terbersih, sehingga mampu untuk mendongkrak catatan prestasi yang telah didapatkan.

Dan dikatakannya kerja keras yang telah dilakukan oleh DLH tersebut sepertinya akan berbuah baik, karena dari penilaian Pemantauan pertama (P1) untuk mendapatkan piala Adi Pura 2017 – 2018 yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat, kota Solok berada pada peringkat tertinggi dari sepuluh daerah kategori kecil yang ada di Provinsi Sumatera Barat. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here