Kemendikbud RI Berikan Bantuan Kewirausahaan kepda SMA RJ Payakumbuh

SUMBARTIME.COM-SMA Islam Raudhatul Jannah (RJ)  merupakan satu dari 4 SLTA di wilayah IV Sumbar yang meraih dana program kewirausahaan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 
Selain itu, SMA Islam RJ adalah satu-satunya SLTA di Kota Payakumbuh yang menerima dana pusat tersebut. 
“Alhamdulillah, SMA Islam RJ diamanahi sebagai penerima dana kewirausahaan dari Kemendikbud RI. Hanya 4 SLTA di Sumbar, yakni SMA Islam RJ, SMAN 1 Harau, SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh, dan SMAN 2 Lintau di Tanah Datar. Dana tersebut sejumlah sekitar Rp.100juta. Terkait penggunaannya dana tersebut berbagai kegiatan sesuai rowndown sudah kita laksanakan sesuai arahan pimpinan. Kegiatan tersebut kita tutup kemaren dengan lomba gerak jalan sehat dan Expo Kewirausahaan di lapangan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah. Informasi lengkapnya, silahkan komunikasikan dengan Kepala Sekolah, “terang Ketua Yayasan Raudhatul Jannah, Ultra pada Ahad (17/11/2019)pagi.
“Kita berharap dana program ini dapat dimanfaatkan optimal, karena ini stimulus sekaligus mendukung rencana jangka panjang RJ untuk 2025, yakni melahirkan lulusan mandiri, “ulasnya mengakhiri. 
Terpisah, Kepala SMAN Islam RJ Rezy Ade Irwan menerangkan bahwa. ada 9 tahapan yang wajib dijalankan sekolah penerima program kewirausahaan ini. Untuk SMA Islam RJ diterapkan program UMKM pengembangan kuliner Payakumbuh. Demi tercapainya program tersebut pihak sekolah mendatangkan narasumber kompeten. 
“kita awali dengan sosialisasi program kewirausahaan di lingkungan sekolah, sosialisasi kepada sekolah imbas, mendatangkan motivator, mendatangkan tenaga ahli dari Politani Payakumbuh, FGD, penciptaan produk, uji coba produksi sekaligus evaluasi. Kemudian digelar Kunjungan Dunia Usaha Dunia Industri, studi ilmu ke Nagari Batu Balang, proses dan dikemas. Kita buat 18 kelompok yang membuat kuliner lokal berbeda antar kelompoknya, satu kelas mengutus 2 kelompok. Hasil produk tersebut kita tampilkan di Expo kewirausahaan yang dibuka langsung Kepala Cabdin Diknas Sumbar Wilayah IV Bapak Asri Cun bersama pimpinan OPD terkait,”paparnya.

Dikatakan, Expo Kewirausahaan dimeriahkan dengan lomba gerak jalan sehat dan paduan suara lagu kebanggaan dan lagu nasional tingkat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, “imbuh Rezy. 
“Program ini wajib dijalani semua siswa, mulai dari kelas X hingga kelas XII,”ulasnya. 
Kepala Cabdin Dikbud Sumbar wilayah IV, Asri Can yang selalu memantau setiap pelaksanaan tahapan program kewirausahaan di SMA Islam RJ berharap agar program ini mampu berdaya guna sebagai modal kemandirian.  Selama memantau dirinya menemukan sebuah kesalahan yang harus disempurnakan kedepan. 
“Ada yang terlupakan oleh siswa selama menjalankan program ini, yakni pencantuman komposisi atau bahan yang dipakai dalam produk yang dibuat. Data komposisi adalah sebuah syarat pemasaran produk di pasaran,”ucap Asri Cun saat membuka Expo Kewirausahaan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here