Hari Kesehatan Nasional  2019 Angkat Isu Stunting dan Jamkesnas

SUMBARTIME.COM-Hari ini diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55. Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh merayakan dan memperingati HKN dengan upacara dan melakukan beberapa kegiatan di lapangan kantor Dinas Kesehatan kota Payakumbuh,Selasa(12/11/2019)

Tema yang diangkat kali ini adalah Generasi Sehat Indonesia Unggul.
Tema tersebut merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari amanat yang diberikan oleh presiden tentang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Iklan

Walikota Payakumbuh dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten I Yoherman dalam sambutannya mengatakan ada dua isu kesehatan yang harus diselesaikan terkait membangun SDM itu, yaitu Stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Meskipun dalam 5 tahun terakhir angka stunting telah berhasil diturunkan hingga 10 persen, tetapi stunting masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi masyarakat. Stunting adalah kondisi tubuh seseorang yang mengalami tubuh lebih pendek dibanding dengan orang seusianya. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis sejak bayi.

“Begitu juga dengan jaminan kesehatan yang masih banyak menuai permasalahan. Jaminan Kesehatan seperti BPJS misalnya masih belum sempurna. Tapi kita akan terus memperbaikinya dengan menghadirkan inovasi-inovasi kesehatan yang lebih baik,” jelas Yoherman dalam sambutannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan momentum HKN ke-55 ini merupakan pengingat publik, kesehatan masyarakat akan meningkat jika ada kerja sama dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat itu sendiri.

”HKN ini mengingatkan masyarakat untuk memprioritaskan upaya promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Germas. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,” ucapnya

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini Dinas Kesehatan melakukan berbagai kegiatan dengan 36 lomba dan 136 hadiah.  Dengan lomba diantaranya lomba toga dan akupresur tingkat kecamatan se-kota Payakumbuh, lomba tenaga sanitasi teladan,lomba pengelola aset,pengelola TPM terbaik,Lomba bidan pengelola KIA terbaik,pengelola surveilance terbaik, lomba manajemen puskesmas, lomba garnish buah, lomba Saka Bakti husada dan banyak lagi lomba lainnnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here