Riza Falepi Orasi Ilmiah di Wisuda IV STAIDA Payakumbuh

Sumbartime.com — Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menghadiri Wisuda IV Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA ) Payakumbuh di Aula BIB Provinsi Sumbar, Ibuah, Payakumbuh, Senin (16/9). Dalam wisuda tersebut, Riza sampaikan orasi ilmiah dengan tema Mencetak SDM Handal Sumber Kemajuan Bangsa.

“Membangun SDM merupakan fokus dari pemerintah saat ini dan sejalan dengan tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,” ujar Riza.

Iklan
Loading...

Menurut Riza, pendidikan yang berkualitas berperan besar dalam mencetak SDM yang handal. Apalagi kondisi tantangan geopolitik dan geoekonomi global saat ini yang memperlihatkan perang asimetris alias perang gaya baru secara nirmiliter.

Selain itu, pendidikan mempunyai korelasi dengan tingkat kemakmuran suatu negara. “Terbukti dari data OECD, negara yang berkualitas pendidikannya juga memiliki PDB per kapita yang tinggi. Jadi seharusnya, pendidikan yang baik juga menghasilkan output SDM yang tangguh,” tuturnya.

Pada sisi lain khususnya di Indonesia, terjadi anomali dimana para sarjana banyak yang menjadi pengangguran. “Padahal seharusnya, laju pertumbuhan sarjana berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan. Ada semacam kegagalan transformasi pendidikan,” ucap Riza.

Untuk itu, kata Riza, para sarjana dituntut untuk kreatif sehingga mampu menjadi SDM yang handal dan mampu menghadirkan kesejahteraan. “Kita bicara ekonomi seperti ini bukan sekedar bicara urusan dunia dan melupakan akhirat. Karena bagaimanapun juga kesejahteraan itu power, dan agama mengajarkan kita jangan menjadi tangan di bawah,” ujarnya.

Riza pun mengucapkan selamat kepada para wisudawan. “Semoga lulusan STAIDA menjadi SDM yang tangguh dan kreatif. Dengan menjadi sarjana berarti dengan pemikirannya bisa melakukan terobosan ataupun inovasi,” katanya.

Rapat Senat Terbuka STAIDA Payakumbuh dalam rangka Wisuda IV itu berjalan lancar. Ada 12 mahasiswa yang diwisuda dengan prestasi wisudawan terbaik diraih oleh Nurlaila Sari dengan IPK 3,92 dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Turut hadir Ketua Yayasan STAIDA Devitra, Ketua STAIDA Payakumbuh Ahmad Deski, Ketua Kopertais wilayah VI yang juga Rektor IAIN Imam Bonjol Dr. Eka Putra Wirman, dan sejumlah kepala OPD Kota Payakumbuh. (rel)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here