Satu Lagi Bandit Jalanan Kota Padang Didoor Polisi

pelaku saat diamankan di Mapolresta Padang (dok polresta padang)

SUMBARTIME.COM-Satu lagi pelaku aksi bandit jalanan di Kota Padang di door polisi. Pelaku inisial MRF (34) warga Jalan Taruko I No 15 E Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji diketahui telah 15 kali melakukan aksi jambret di seputaran wilayah Ibukota Propinsi Sumbar tersebut.

Pelaku yang tergolong nekad serta sadis dalam melancarkan aksi jambretnya itu terpaksa dihadiahi timah panas saat mencoba melawan dan kabur saat Tim Klewang Reskrim Polresta Padang berusaha menyergap dan menangkapnya di kediamannya sekira pukul 18.30 WIB.

Iklan

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasatreskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, Selasa (16/11). Menurutnya pelaku ditangkap pada Senin 15 November 2021 di kediamannya. Polisi terpaksa melakukan tembakan terukur terhadap pelaku akibat melakukan perlawanan dan berusaha kabur saat hendak diamankan, tuturnya mengatakan.

Lebih jauh Rico menjelaskan jika pelaku diketahui sedikitnya telah 15 kali melakukan aksi jambret di Kota Padang. Terakhir, pelaku melakukan jambret tas di Jalan tepi Bandar Kali, Linggar Jati, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, pada Minggu (13/12/20) lalu, sekitar pukul 16.00 WIB.

Kejadian berawal ketika korban sedang mengendarai sepeda motor seorang diri dari rumah menuju Tungul Hitam. Tiba-tiba sampai ditepi jalan Bandar Kali Linggar Jati datang pelaku dari arah belakang menggunakan sepeda motor.

Selanjutnya, pelaku langsung merampas tas ransel yang disandang korban di punggungnya, sehingga korban terjatuh dari sepada motor dan menyebabkan korban pingsan dan kehilangan tasnya.

“Di dalam tas ransel merek Fossil warna kuning itu, berisikan satu hp Samsung M20 warna biru dan emas seberat lima gram serta surat-surat berharga milik korban,” katanya.

Rico juga mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan hasil penyelidikan di lapangan. Setelah mendapatkan identitas dan data pelaku, tim klewang mendatangi rumah dan mengamankan pelaku.

Setelah diinterogasi, pelaku mengakui telah menjambret tas tersebut, dan 15 jambret tas lainnya di Kota Padang sejak April 2020 lalu.

Namun, sambung Rico, pada saat dilakukan pengembangan dan mencari barang bukti, pelaku mencoba melakukan perlawanan dan melarikan diri, sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur di bagian kaki kiri pelaku.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti 4 lembar kwitansi pembelian emas, satu kotak hp Samsung M20, dan satu sepeda motor Honda Vario B 4484 TYJ yang digunakan pelaku untuk menjalankan aksinya.

“Pelaku dan semua barang bukti dibawa dan diamankan ke Polresta Padang guna Penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun penjara,” ujarnya. (dei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here