Riza Falepi, Mengharapkan Pemilu 2019 Terlaksana Secara Damai Dan lancar

Sumbartime.com, Payakumbuh-Selaku Kepala Daerah, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, mengharapkan Pemilu 2019 dapat terlaksana secara damai dan lancar. Perlu diantisipasi peluang-peluang terjadinya perpecahan dan perselisihan di tengah-tengah masyarakat. Begitu pula dengan beredarnya isu-isu negatif dan berita hoax.

“Saya minta Sekda agar dibuatkan segera surat edaran terkait pemasangan dan penertiban alat peraga kampanye,” kata Riza dalam Malam Silaturrahmi Forkopimda bertemakan Persiapan Menjelang Pemilu 2019, di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, Jalan Rangkayo Rasuna Said, Tiakar, Payakumbuh Timur, Senin (17/9) malam.

Iklan

Pemerintah concern untuk menyiapkan cara dan infrastruktur agar pelaksanaan Pemilu dapat terlaksana dengan baik.

“Untuk hasil Pemilu, kita serahkan kepada pilihan masyarakat. Atas nama Pemerintah Daerah, kami siap untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Payakumbuh,” ujar Riza.

Budhy Dharma Permana, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh, mengatakan, kegiatan ini mengundang sejumlah pihak. Selain Forkopimda, juga mengundang KPU, Bawaslu, dan pihak terkait lainnya.

“Kita harapkan terjadi dialog yang bisa membahas persoalan-persoalan yang perlu ditangani segera menjelang Pemilu 2019 mendatang,” katanya.

Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal, menyampaikan bahwa Penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) hasil perbaikan di Kota Payakumbuh telah dilakukan tanggal 13 September 2018 lalu. Tercatat ada 43 Pemilih Ganda. DPT Kota Payakumbuh yang semula berjumlah 86.595 menjadi 86.552.

“Kami rencanakan, KPU akan mengadakan Rakor dengan Bawaslu dan Perangkat Daerah, serta TNI dan Polri, membahas penempatan spanduk dan baliho serta teknis pelaksanaan kampanye,” ujarnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Muhammad Khadafi, sangat mengapresiasi Pemko Payakumbuh melalui Perangkat Daerah terkait yang telah peduli dan memfasilitasi setiap kegiatan yang terkait dengan Pemilu 2019.

“Perlu kami sampaikan, atas dukungan Pemko Payakumbuh dan instansi lainnya, Bawaslu Kota Payakumbuh menerima penghargaan sebagai Bawaslu terbaik di Sumatera Barat. Kami berharap dukungan ini tetap ada dan koordinasi semakin terjalin sehingga Pemilu 2019 berjalan baik,” harapnya.- (rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here