Mencari Solusi Memanusiakan Orang Gila@ By: Riza Falepi

Gambar Ilustrasi

SUMBARTIME.COM-Akhir akhir ini banyak berkeliaran orang gila di Payakumbuh. Berbicara tentang orang gila kadang kita sering kesannya melecehkan mereka, bahkan sering jadi bahan olok olok.

Kemarin ada yang membuat berita dan difoto seolah olah orang gila hanya dijadikan konsumsi pers yang memang mungkin orang atau wartawan yang memuat berita ini “kurang” juga sensifitas Akal kemanusiaan yang terlalu merendahkan si orang gila.

Iklan

Banyak masalah orang gila yang penanganannya tidak baik. Kejadian yang paling banyak adalah tiap daerah menolak kehadiran orang gila dengan cara mengirim orang gila ke daerah lain. Akibatnya yang terjadi adalah kejadian lucu yaitu saling kirim orang gila. Itulah yg terjadi di Sumbar ini.

Makanya bisa kita simpulkan bahwa sebagian besar orang gila di Payakumbuh adalah kiriman dari daerah lain. Bisa saja kita kirim ulang ke daerah lain, tapi di mana rasa kemanusiaan dan tanggung jawab kita.

Berdasarkan keadaan di atas, maka kita akan mencoba untuk terus bekerja mencari solusi terbaik. Alhamdulillah gayung bersambut, dinas Kesehatan Kota Payakumbuh bekerjasama dengan pihak rumah sakit jiwa Gadut, Padang, menampung dan merawat orang gila dari Payakumbuh dengan biaya dana perawatan BPJS.

Harapan kami dengan cara begini kedepannya, tolong jangan dijadikan Payakumbuh sebagai tempat pengiriman orang gila dengan alasan Pemda nya baik. Kita berharap ini tidak terjadi lagi, karena di setiap daerah masing masing tentu harus bertanggung jawab dengan orang gila yang ada di tempatnya masing masing.**

**Penulis Walikota Payakumbuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here