Kejati Sumbar Tahan 12 Tersangka Dugaan Korupsi Lahan Tol Padang-Padang Pariaman

12 tersangka dugaan korupsi digiring ke tahanan (dok Kejati Sumbar)

SUMBARTIME.COM- Rabu 1 Desember 2021 pukul 18.00 WIB, terlihat belasan warga keluar dari ruangan Kejaksan Tinggi (Kejati) Sumbar, dengan mengenakan rompi berwarna pink.

Terlihat belasan warga yang totalnya berjumlah sebanyak 12 orang tersebut dengan wajah lesu langsung digiring menaiki mobil Tahanan Kejati Sumbar akhirnya mereka semua digiring ke Rumah Tahanan Negara Kelas II B Padang.

Iklan

Dari informasi yang berhasil dirangkum, ke 12 orang yang terdiri dari perangkat Aparatur Negara serta warga di Kawasan Kabupaten Padang Pariaman itu, merupakan tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Tol Padang-Padang Pariaman.

Hal itu dijelaskan oleh  Asisten Pidana Khusus Kejati Sumbar Suyanto. Menurutnya setelah melalui serangkaian pemeriksaan, hari Kejati Sumbar resmi menahan sebanyak 12 tersangka dugaan korupsi pembebasan lahan tol, ungkapnya.

Penahanan tersebut imbuhnya lagi, telah sesuai dengan Pasal 21 KUHAP, dimana alasan objektif dan subjektif telah terpenuhi, beber Suryanto. Pihaknya merasa kawatir jika ada dari para tersangka merusak, menghilangkan barang bukti ataupun melarikan diri maka pihaknya melakukan penahanan.

Adapun ke 12 tersangka tersebut terdiri dari 5 perangkat aparatur negara yakni SS berasal dari Perangkat Nagari. RN, J serta US merupakan aparatur dari BPN, serta YW pegawai negeri sipil di Pemkab Padang Pariaman.

Sementara 7 orang tersangka lagi adalah warga penerima ganti rugi lahan yakni masing masing, AH, BK, KD, SA, RF, MR, dan SP. Untuk SA juga diketahui merupakan Perangkat Nagari.

Ke 12 tersangka tersebut menurut aturan serta Undang Undang akan ditahan selama 20 hari ke depan.

Sementara itu, untuk 1 tersangka lagi yang berasal dari warga penerima ganti rugi, inisial SY pada hari Rabu 1 Desember 2021 tersebut tidak bisa memenuhi panggilan dengan alasan sakit dan direncanakan akan kembali dilayangkan surat pemanggilan kedua pada Selasa 7 Desember 2021 mendatang, papar Suryanto.

Seperti diketahui ke 12 orang tersangka tersebut terjerat dalam kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Tol Padang- Padang Pariaman. Adapun kerugian yang ditimbulkan akibat dugaan korupsi tersebut mencapai 28 Milyar, demikian Sumbartime.com melaporkan. (jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here