Harimau Kembali Mengamuk, 2 Ekor Sapi Milik Warga Menjadi Korban di Agam

gambar ilustrasi harimau memangsa ternak warga

SUMBARTIME.COM- Konflik manusia dengan hewan buas jenis Harimau Sumatera kembali terjadi lagi.

Kali ini di kawasan Mahur Hilia, Nagari Silareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, dua ekor sapi ternak milik warga setempat diketahui telah menjadi korban keganasan hewan buas tersebut.

Iklan

Satu ekor induk sapi ditemukan mati pada Selasa (30/11) pagi oleh si pemilik di kandangnya yang tak jauh dari kebun Sawit. Sementara satu ekor anak sapinya lagi juga ditemukan dalam kondisi luka luka akibat terkena cakaran hewan buas tersebut.

Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh media berawal dari informasi serta laporan Wali Nagari Silareh Aia, Iron Maria Edi pada Rabu 1 Desember 2021. Menurutnya telah ditemukan dua ekor sapi yang terdiri dari induk serta anaknya milik seorang warga diduga menjadi keganasan harimau jenis Sumatera.

Akibat kedua hewan ternak itu diserang hewan buas, salah satunya ditemukan dalam kondisi mati dengan tubuh penuh luka cakaran. Sedangkan satu ekornya lagi yang merupakan anak sapi ditemukan dalam kondisi luka luka, tuturnya.

Di jelaskan, pada pagi hari nahas itu, pemilik yang rumahnya tidak jauh dari kandang bermaksud hendak memberi makan hewan ternaknya tersebut. Namun alangkah kagetnya si pemilik, saat menemukan dua ekor sapinya dalam kondisi penuh luka cakar. Saat diperiksa, salah satunya ditemukan sudah dalam kondisi mati.

Selanjutnya pemilik melaporkan peristiwa itu ke perangkat Nagari. Selanjutnya pihak Nagari meneruskannya ke Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam.

Adapun dari hasil pemeriksaan awal pihak BKSDA Resor Agam, ditemukan disekitar lokasi kejadian dua jejak kaki harimau dengan ukuran yang berbeda. Namun untuk memastikannya jika hewan buas itu adalah Harimau jenis Sumatera BKSDA akan memasang kamera pengintai di sekitaran lokasi, tutup Iron menjelaskan. (ezi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here