Diduga Maraknya Beredar Rokok Ilegal di Kawasan Limapuluh Kota, Tim Bea Cukai Sosialisasikan Stop Rokok Ilegal

BeaCukai Teluk bayur Padang Sosialisasikan Stop Rokok Ilegal

SUMBARTIME.COM-Di duga marak dan tidak terbendungnya peredaran rokok ilegal tanpa pita cukai di Kawasan Limapuluh Kota sehingga dinilai sangat merugikan negara, pihak Bea Cukai Teluk Bayur Padang bekerja sama Pemkab Kabupaten Limapuluh Kota, mensosialisasikan tentang sebab dan akibat bisnis rokok tanpa cukai tersebut.

Bertempat di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Rabu (26/09) Kepala Bea Cukai Teluk Bayur Padang Drs Hilman Satria MM, Badan Keuangan Provinsi Sumbar Anna Merisa SS MM, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitma Indrayani SH, di hadapan ratusan pedagang rokok grosir dan eceran memaparkan di segi hukum bahaya bisnis barang ilegal khususnya rokok tanpa pita cukai.

Iklan

Hilman Satri mengatakan kepada ratusan pedagang, bahwa rokok ilegal itu telah menimbulkan kerugian terhadap negara hingga mencapai ratusan milyar pertahun. Efeknya juga berdampak kepada para petani tembakau, tuturnya.

Dijelaskannya lagi, Limapuluh Kota termasuk penyumbang perkebunan tembakau terbesar di wilayah Sumatra Barat akan berdampak buruk kepada para petaninya, jika rokok ilegal tersebut dibiarkan marak dan beredar secara bebas, ungkapnya lagi.

Untuk itu, dia meminta kepada ratusan pedagang rokok agar segera menstop menjual rokok ilegal baik di grosiran mereka, maupun diwarung warung. Dirinya menduga berani dan bebasnya pedagang menjual rokok ilegal tersebut akibat kurangnya pengawasan yang dilakukan, papar Hilman Satria.

Sementara dari informasi, ada dugaan jika Kabupaten Limapuluh Kota diduga keras menjadi salh satu lokasi agen distributor rokok ilegal terbesar di wilayah Sumatra Barat. Beberapa kali pihak Bea Cukai Teluk Bayur berhasil menangkap truk trukpembawa ratusan dus rokok ilegal dari berbagai merek seperti Luffman, Coffee Stik, serta merek ilegal lainnya.

Dan dari beberapa truk yang sempat diamankan bea cukai, beberapa diantaranya berasal dari Limapuluh Kota. Terakhir, beberapa waktu yang lalu, di Limapuluh Kota, Bea Cukai Teluk Bayur berhasil mengamankan puluhan dus rokok ilegal dari beberapa gosir serta warung milik masyarakat, demikian Sumbartime.com melaporkan. (aa)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here