Diduga Akibat Api Unggun, Kawasan Ngalau Seribu Harau Terbakar

kawasan ngalau seribu harau terbakar

SUMBARTIME.COM-Hingga Kamis (18/2) malam sekira pukul 21.00 WIB, aktifitas api yang membakar lahan hutan lindung Kawasan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota masih menunjukan intensitasnya.

Bahkan menurut penuturan warga setempat api yang semula membakar kawasan Ngalau Seribu Harau, mulai menjalar mendekati area kawasan Air terjun Sarasah Murai.

Iklan

Sementara itu, informasi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, mengungkapkan jika penyebab terjadinya kebakaran di sejumlah titik kawasan hutan lindung Harau sejak Rabu 17 Februari 2021 sore hari itu, diduga akibat api unggun.

Menurut Putra Satria Pratama dari Pusdalops-PB BPBD Limapuluh Kota, Kamis 18 Februari 2021 malam, menjelaskan, terbakarnya kawasan wisata hutan lindung Ngalau Seribu Harau lebih kurang 4 Hektare diduga akibat api unggun kegiatan kemping yang dilakukan oleh segelintir orang, paparnya.

Selain itu Putra Satria Pratama dalam rilisnya juga menyebutkan Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Damkar, Dishut, dan warga setempat sebanyak 122 orang personil telah berhasil melakukan pemadaman sebagian besar titik api di lokasi.

Namun diakui akibat terkendala lokasi yang sulit untuk dijangkau hingga hanya memakai peralatan manual, masih ada beberapa titik api yang belum tuntas dipadamkan. Namun pihaknya tetap akan terus melanjutkan pemadaman hingga tidak ada lagi intensitas api yang muncul di lokasi. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here